OLEH : NICHO ANGGRIAWAN
RPP Penjasorkes SMA Kelas 1
Sepak Bola
Satuan Pendidikan : SMA
Semester : 2 (dua)
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani,
Olahraga dan Kesehatan
Ruang Lingkup/ Aspek : permainan bola besar
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar kompetensi (Sk)
1.
Mempraktikkan
teknik dasar permainan sepak bola dan olahraga serta nilai-nilai yang
terkandung di dalamnya
Kompetensi dasar (Kd)
1.2 Mempraktikkan variasi dan
kombinasi teknik dasar salah satu permainan dan olah raga beregu bola besar
lanjutan dengan koordinasi yang baik, serta nilai kerjasama, toleransi, percaya diri,
keberanian, menghargai lawan, bersedia berbagi tempat dan peralatan.
Indikator
Kognitif produk
- Menjelaskan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar bola kaki.
- Mendeskripsikan teknik dasar mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar.
- Mendeskripsikan teknik dasar menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan menggunakan telapak kaki.
Kognitif proses
- Membandingkan keakuratan umpan mengunakan kaki bagian luar dan dalam.
- Membandingkan keefektifan cara menahan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam dan menggunakan telapak kaki
- Menyelidiki pengaruh sepakbola terhadap minat belajar siswa.
Psikomotor
1.
Mempraktekan
cara Mengumpan yang baik.
2.
Mendemonstrasikan
cara menahan bola menggunakan kaki
bagian dalam dan menggunakan telapak kaki.
3. Bermain dengan peraturan
yang dimodifikas.
Afektif
Perilaku Berkarakter
1. Disiplin pada saat
berlatih
2. Keseriusan dalam mengikuti
pelajaran
Keterampilan Sosial
1.
Kerjasama,
toleransi, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan.
2.
Percaya
diri, keberanian, menghargai lawan,
3.
Kesunguhan
dalam berlatih
A. Tujuan Pembelajaran:
Kognitif
Produk
- Tanpa melakukan gerakan, siswa dapat menjelaskan bentuk variasi dan kombinasi teknik dasar bola kaki dengan kata-kata sendiri.
- Tanpa memperaktekkan, siswa dapat mendeskripsikan teknik dasar mengumpan bola menggunakan kaki bagian dalam dan luar.
- Tanpa memperaktekkan, siswa dapat mendeskripsikan teknik dasar menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan telapak kaki
Proses
1.
Siswa dapat membandingkan keakuratan umpan mengunakan kaki bagian
luar dan dalam.
2.
Siswa dapat membandingkan keefektifan menahan bola dengan menggunakan kaki
bagian dalam dan menggunakan telapak kaki.
3.
Siswa dapat menyelidiki pengaruh sepakbola terhadap minat belajar
siswa.
PSIKOMOTOR
1.
Siswa mempraktekan
cara Mengumpan yang baik.
2.
Siswa mendemonstrasikan
cara menahan bola menggunakan kaki bagian dalam dan telapak
kaki.
3.
Siswa melakukan
variasi teknik dasar
4. Siswa mermain dengan peraturan
yang dimodifikas.
Afektif
Perilaku
Berkarakter
1. Saat
mengikuti aktifitas pembelajaran sepak bola, siswa menunjukan sikap disiplin yang
baik.
2. Saat
mengikuti pelajaran, siswa menunjukan sikap Keseriusannya.
Keterampilan Sosial
- Saat proses belajar mengajar berlangsung, siswa berkerjasama, saling toleransi, dan bersedia berbagi tempat dan peralatan.
- Dalam mengikuti pelajaran, siswa mempunyai kepercayaan diri, keberanian, dan saling menghargai,
- Siswa bersungguh-sungguh dalam berlatih
B.
Materi Pelajaran:
1.
Teknik
dasar sepak bola(umpan dan menahan)
2.
Variasi
teknik dasar dan modifikasi peraturan
C.
Metode Pembelajaran:
1. Model : Model Pembelajaran Kooperatif dan Model Pembelajaran Langsung
2. Metode : Ceramah, praktek, pemberian tugas, reciprocal (timbal balik)
D.
Bahan dan Alat:
a.
Perangkat
(Silabus, RPP, Lembar Presensi dan Penilaian)
b.
Peralatan
dan Peta Setting/Tata Letak Alat
c.
Lapangan
sepak bola dalam keadaan siap digunakan
pada jam yang telah direncanakan
E.
Langkah-Langkah Pembelajaran:
Persiapan Guru Penjasorkes Sebelum Pembelajaran
a.
Menyiapkan
Perangkat (Silabus, RPP, Lembar Presensi dan Penilaian)
b.
Menyiapkan
Peralatan dan Peta Setting/Tata Letak
Alat
Guru memeriksa lapangan dan alat-alat yang
diperlukan dan kesiapan siswa.
Pertemuan Pertama
2 x 45 menit
Kegiatan Awal Pembelajaran (10 menit)
a.
Mengecek disiplin
siswa hadir di lapangan tepat waktu, berdoa dan Presensi.
b.
Guru menghubungkan
materi pembelajaran dengan pengetahuan awal siswa.
c.
Menyampaikan
Ruang Lingkup Materi
1.
Menjelaskan
sejarah olahraga sepak bola
2.
Gerakan
teknik dasar permainan sepak bola
d.
Menyampaikan
inti Tujuan Pembelajaran khususnya kognitif,psikomotor dan afektif.
e.
Pemanasan
Memerintahkan pada siswa untuk
melakukan gerakan joging dengan
mengelilingi lapangan 2 keliling kemudian guru memberikan pemanasan
dengan peregangan(stretching) secara sistematis dari bagian kepala sampai kaki.
Kegiatan Inti Pembelajaran
A. Tugas Gerak I (
menahan bola, menggiring bola, dan mengumpan bola) (30 menit)
a.
Pemberian
Tugas Gerak (singkat dan jelas)
1.
Guru menjelaskan dan memperagakan
cara melakukan gerakan menahan dan mengumpan
bola dengan benar. Di harapkan siswa bersungguh-sungguh dalam mengikuti
pembelajaran.
2. Jika jumlah siswa 30-40 orang maka guru
dapat membagi siswa menjadi beberapa kelompok
(misalnya 4 kelompok, dengan anggota tiap kelompok 10 siswa).
3. Guru
meminta masing-masing kelompok siswa melakukan gerakan
menahan dan mengumpan bola yang benar dengan
bergantian.
b.
Memonitor dan
Evaluasi Tugas Gerak Siswa
Ketika siswa melakukan
gerakan menahan dan mengumpan bola secara bergantian ,guru
mengamati kesungguhan dan keterampilan siswa serta memberikan evaluasi/umpan
balik dari gerakan yang dilakukan siswa, dengan
menggunakan Lembar Penilaian 2 (terkait
psikomotor) dan Lembar Penilaian 4 (terkait perilaku berkarakter).
c.
Memberikan
Feedback (kebenaran
teknik
dan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran)
sampai semua siswa memenuhi kriteria kelulusan minimal (KKM)
Setelah dilakukan evaluasi, guru memberikan pemahaman bagi siswa tentang
kebenaran teknik dasar daripermainan sepak bola, yang telah dilakukan dan siswa
diberi kesempatan untuk bertanya
atau berpendapat.
d. Konstruksi Nilai-Nilai Penjasorkes (sesuai
dengan Kompetensi Dasar)
Guru memberikan pemahaman tentang pentingnya disiplin, kerja sama menjaga keselamatan dan kebersihan
lapangan pada siswa berdasarkan tugas gerak yang dilakukan. Guru menggunakan Lembar Penilaian 3 (terkait keterampilan sosial) dan Lembar
Pengamatan 4 (terkait perilaku
berkarakter).
B. Tugas Gerak II (gerak
kaki) (30 menit)
a. Pemberian Tugas Gerak
(singkat
dan jelas)
1.
Guru menjelaskan dan melakukan
gerakan posisi kaki pada saat menahan dan mengumpan bola serta memastikan seluruh siswa bersungguh-sungguh mengikuti demonstrasi.
2.
Guru meminta masing-masing kelompok siswa melakukan
gerakan menahan bola
dan mengumpan bola dengan gerakan dan posisi kaki yang benar.
b. Memonitor dan Evaluasi Tugas Gerak
Siswa
Ketika siswa melakukan
gerakan kaki, guru mengamati kesungguhan
dan keterampilan siswa serta memberikan evaluasi dari
gerakan yang dilakukan siswa, dengan menggunakan Lembar Penilaian 2 (terkait psikomotor)
dan Lembar Penilaian 4 (terkait perilaku berkarakter).
c. Memberikan Feedback (kebenaran
teknik
dan kesesuaiannya dengan tujuan pembelajaran)
sampai semua siswa memenuhi kriteria kelulusan minimal (KKM).
Setelah dilakukan evaluasi, guru memberikan pemahaman bagi siswa tentang
kebenaran teknik dari gerakan kaki pada saat melakukan berbagai teknik dasar
dari permainan sepak bola yang telah dilakukan dan siswa diberi kesempatan
untuk bertanya atau
berpendapat.
d. Konstruksi Nilai-Nilai Penjasorkes (sesuai
dengan Kompetensi Dasar)
Guru memberikan pemahaman tentang pentingnya disiplin, kerja sama
menjaga keselamatan dan kebersihan di lapangan
pada siswa berdasarkan tugas gerak yang dilakukan. Guru menggunakan Lembar Penilaian 3 (terkait keterampilan sosial) dan Lembar
Pengamatan 4 (terkait perilaku
berkarakter).
Kegiatan Akhir Pembelajaran (10 menit)
a. Pendinginan
Guru
memberikan gerakan stretching atau
penguluran otot secara berpasangan. Siswa melakukan dengan sungguh-sungguh agar terhindar dari cedera.
b. Refleksi
Pengalaman belajar siswa
c.
Evaluasi umum terhadap proses dan hasil belajar siswa (kognitif, afektif dan psikomotor). Guru menggunakan Lembar
Penilaian 1 (terkait kognitif).
Guru memberikan evaluasi secara
keseluruhan, baik gerakan dari teknik dasar sepak bola yang
dilakukan maupun aspek lainnya (perilaku berkarakter) dengan dikaitkan pada
kehidupan sehari-hari.
d. Apresiasi
Guru
memberikan penghargaan atau hasil kerja siswa baik individu maupun kelompok.
e.
Tindak Lanjut siswa
diberi tugas untuk mencari materi tentang sejarah sepak bola dalam bentuk
makalah.
Alat dan Sumber Belajar:
a.
Alat:
·
Lapangan Sepak Bola
·
Pluit
·
Kun
·
Bola
b.
Sumber
Belajar:
Sukatamsi.2001.Permainan Besar /
Sepak Bola.jakarta:Universita Terbuka Depdiknas.
Penilaian:
Penilaian berbasis kelas tentang materi sepak
bola yang
tercakup dalam RPP ini dapat dilakukan dengan menggunakan alat-alat penilaian
berikut ini.
1.
Tes obyektif
secara tertulis.
Ini dilakukan terkait dengan penilaian kognitif dan dapat
dilakukan dengan menggunakan Lembar Penilaian 1: Gerakan menahan dan mengumpan bola yang dilengkapi dengan Kunci Lembar Penilaian 1: Gerakan menahan dan mengumpan bola
2.
Tes unjuk kerja.
Ini dilakukan terkait dengan penilaian psikomotor
dan dapat dilakukan dengan menggunakan Lembar Penilaian 2: gerakan
menahan dan mengumpan bola yang
dilengkapi dengan Kunci Lembar Penilaian 2: gerakan menahan dan mengumpan bola
3.
Pengamatan sikap.
Yaitu penilaian
afektif terkait dengan penilaian keterampilan
sosial dan
dapat dilakukan dengan menggunakan Lembar Penilaian 3:gerakan
menahan dan mengumpan bola yang dilengkapi dengan Kunci
Lembar Penilaian 3: gerakan
menahan dan mengumpan bola
serta pengamatan perilaku berkarakter dilakukan dengan menggunakan Lembar
Penilaian 4: gerakan menahan dan mengumpan bola
Soal :
1. Sebutkan 2
tehnik dasar dalam permainan sepak bola?
Jawab :
Menahan bola dan mengumpan bola
2.
Berapakah jumlah pemain sepak bola masing-masing tim
yang bermain dilapangan?
Jawab : sebelas orang
Jawab : sebelas orang
3. Sebutkan
2 variasi dalam gerakan menahan bola ?
Jawab : menahan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam dan menahan bola dengan menggunakan telapak kaki.
Jawab : menahan bola dengan menggunakan kaki bagian dalam dan menahan bola dengan menggunakan telapak kaki.
4. Apakah
sebutan untuk pemain tengah dalam permainan sepak bola?
Jawab : Gelandang
Soal untuk praktek:
1. Lakukan
gerakan mengumpan bola
2. Lakukan
gerakan menahan bola
@ Tes Mengumpan
Bola
No
|
Kriteria
|
score
|
||||||||
1
|
Melakukan tendangan mengumpan bola menggunakan salah satu tehnik mengumpan
bola yang di anggap siswa lebih efisien, dengan target yang telah diberi
point-point. Jika tendangan tidak masuk kedalam salah tau target maka
nilainya 0. Siswa diberi 3 kali kesempatan menendang dan score dijumlahkan
ketiga-tiganya.
|
0 - 9
|
||||||||
Score maksimal
|
9
|
Nilai
1 = Jumlah Score
@ Tes Menahan Bola
No
|
Kriteria
|
Score
|
||
1
|
Melakukan cara
menahan bola dengan menggunakan telapak kaki atau menggunakan kaki bagian
dalam (siswa boleh memilih memakai salah satu tehnik saja atau kedua-duanya
dalam 3 kali kesempatan yang diberikan).
Ø Point-point yang dilihat yakni : ketepatan
menahan bola, pandangan (kefokusan terhadap bola), pantulan bola (menempel dikaki,
dekat, atau terlalu jauh) dan sikap tubuh.
|
0 - 6
|
||
Score Maksimal
|
6
|
Nilai 2 = Jumlah score
Nilai 1 + Nilai 2
Nilai
Keseluruhan Tes Praktek = -------------------------- x 100
15
Mengetahui
|
Guru Mata
Pelajaran
|
|
Kepala
Sekolah
|
||
(………………………………………)
|
(…………………………………………)
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar